RENCANA PELAKASANAAN PEMBELAJARAN
KIMIA
Nama Sekolah : SMAN 1 Parigi
Mata Pelajaran : Kimia
Materi : Sifat Fisik dan Sifat Kimia Unsur
Kelas/Semester : XII/I
Alokasi waktu : 20 menit
Standar Kompetensi : Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya, serta terdapatnya di alam
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan kecenderungan sifat fisik dan kimia unsur utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya)
Indikator : Mengidentifikasi reaksi nyala senyawa logam (terutama alkali dan alkali tanah) melalui percobaan
A. Tujuan Pembelajaran
Aspek Kognitif
Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat:
§ Mengidentifikasi reaksi nyala senyawa logam alkali dan alkali tanah melalui percobaan.
§ Menyimpulkan hasil percobaan.
Aspek Afektif
Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat:
a. Merespon kegiatan pembelajaran dengan bertanya, menyampaikan argumen, dan menyimak.
b. Jujur dalam menjawab pertanyaan.
c. Menghargai pendapat orang lain.
d. Semangat dalam mempelajari materi pembelajaran.
e. Minat dalam mempelajari materi pembelajaran.
Aspek Psikomotor
Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat:
a. Merangkai alat percobaan
b. Menggunakan pipet
c. Menuangkan zat
d. Membakar zat
B. Materi Pembelajaran
a. Materi Prasyarat:
- Kelimpahan Unsur di Alam
- Sifat-Sifat Unsur Logam Alkali dan Alkali Tanah
b. Materi yang Dikembangkan:
Salah satu ciri khas dari sifat suatu unsur adalah spektrum emisinya. Unsur yang tereksitasi karena pemanasan ataupun karena sebab lainnya, memancarkan radiasi elektromagnetik yang disebut spektrum emisi. Spektrum emisi teramati sebagai pancaran cahaya dengan warna tertentu, akan tetapi sesungguhnya spektrum itu terdiri atas beberapa garis warna (panjang gelombang) yang khas bagi setiap unsur. Karena keunikannya, spektrum emisi dapat digunakan untuk mengenali suatu unsur.
C. Kegiatan Pembelajaran
Model : Inkuiri
Metoda : Eksperimen
Pendekatan : Konsep
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Tahapan Kegiatan | Langkah – Langkah | Waktu |
Kegiatan Awal | Pendahuluan Apersepsi: Sedemikian banyak unsur melimpah di alam yang disediakan oleh Allah SWT. Sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak mungkin dapat melepaskan diri dari unsur-unsur kimia. Ketika bangun tidur dan menggosok gigi, kita menggunakan unsur-unsur natrium dan fluorin dalam pasta gigi. Juga ketika minum es, berarti anda sedang mengkonsumsi senyawa yang mengandung hydrogen dan oksigen, begitu pula ketika kita bernafas, dan lain sebagainya. Prasyarat : - Kelimpahan unsur - Sifat-sifat unsur logam alkali dan alkali tanah Motivasi : - Bagaimana cara mengidentifikasi reaksi nyala dari unsur logam alkali dan alkali tanah? - Apa saja warna yang terbentuk dari reaksi nyala unsur tersebut? | 5 menit |
Kegiatan Inti | Ekplorasi : - Guru menjelaskan prosedur praktikum - Guru menyuruh kepada siswa untuk memprediksikan warna nyala yang dihasilkan oleh unsur yang akan diidentifikasi. - Guru meminta siswa untuk membuat hipotesis - Siswa melakukan praktikum Elaborasi : - Guru dan siswa mengevaluasi hipotesis (perwakilan kelompok mempresentasikan hasil praktikum) - Guru memberikan kuis kepada siswa | 13 menit |
Kegiatan Akhir | Konfirmasi : - Guru menyuruh siswa untuk menyimpulkan hasil praktikum dan mengaplikasikannya dengan kehidupan sehari-hari - Guru menutup pembelajaran | 2 menit |
E. Media dan Sumber Pembelajaran
a. Media : Alat tulis kantor (ATK), whiteboard, seperangkat alat praktikum
- Sumber Pembelajaran :
- Sutresna, Nana. 2006. Kimia untuk SMA Kelas XI. Bandung: Grafindo Media Pratama
- Purba, Michael. 2006. Kimia untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
- Juliartawan, I Wayan. 2008. KIMIA Contoh Soal dan Penyelesaiannya. Yogyakarta: Andi Offset
F. Alat dan Jenis Penilaian
Jenis Penilaian : Penilaian Kognitif, Apektif, dan Psikomotor
Alat Penilaian : Tes Tertulis dan Lembar Pengamatan Siswa
§ Penilaian Kognitif
No | Butir Soal | Kunci Jawaban | Skor |
1 | Jelaskan mengapa unsur menghasilkan nyala warna yang berbeda-beda! | Karena setiap unsur yang mengalami eksitasi akibat pemanasan akan memancarkan radiasi elektromagnetik yang terdiri atas beberapa garis warna sesuai dengan panjang gelombangnya. | 0-5 |
2 | Mengapa zat yang digunakan dalam reaksi nyala ini berupa garam klorida? | Karena, garam klorida dari unsur logam alkali dan alkali tanah relative mudah menguap, sehingga sangat mudah untuk mengalami eksitasi. | 0-5 |
Total Nilai | 10 |
§ Penilaian Afektif
No | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | ||||
Merespon Pembelajaran | Jujur | Menghargai Pendapat | Semangat | Minat | ||
1 | | | | | | |
2 | | | | | | |
3 | | | | | | |
4 | | | | | | |
5 | | | | | | |
Catatan : penilaian dilakukan saat pembelajaran berlangsung pada satu atau dua orang siswa
§ Penilaian Psikomotor
No. | Aspek yang dinilai | Skala | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1 | Merangkai alat percobaan | | | | | |
2 | Menggunakan pipet | | | | | |
3 | Menuangkan zat | | | | | |
4 | Membakar zat | | | | | |
Keterangan:
5 = sangat tepat, 4 = tepat, 3 = sedang, 2 = tidak tepat, 1 = sangat tidak tepat
Skor maksimal: 20
Nilai yang diperoleh berdasarkan skor:
Skor 0 – 5 = 60, 6 – 10 = 70, 11 – 15 = 80, 16 – 20 = 100
Mengetahui, Dosen Pembimbing | | Bandung, November 2011 Guru Praktikan |
Dra. Cucu Zenab Subarkah, M.Pd NIP. 196112181986022001 | | Atikah NIM. 1209208020 |
LEMBAR KERJA SISWA
Judul : Reaksi nyala logam alkali dan alkali tanah
Tujuan : Untuk mengidentifikasi reaksi nyala logam (alkali dan alkali tanah)
Alat dan Bahan :
1. Cawan uap 3 buah
2. Kawat kasa 3 buah
3. Kaki tiga 3 buah
4. Batang pengaduk 3 buah
5. Pipet tetes 1 buah
6. Metanol (CH3OH) secukupnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar